Poco C65 - Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Gambar Poco C65

Harga Poco C65

Harga
8/256 GB - Rp 1.700.000
8/128 GB - Rp 1.400.000
Lihat Harga Terbaru

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga hp poco terbaru.

Spesifikasi Poco C65

Umum
RilisJanuari 2024
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat192gr
Dimensi168 x 78 x 8.1 mm
MaterialDepan kaca (Gorilla Glass), belakang plastik, frame plastik
WarnaBlack, Blue, Purple

Layar
TipeIPS LCD, 90Hz, 450 nits (typ), 600 nits (HBM)
Ukuran6.74 inci, ~83.7% screen-to-body ratio
Resolusi720 x 1600 pixel, ratio 20:9, ~260 ppi

Platform
OSAndroid 13, MIUI 14 for POCO
ChipsetMediatek MT6769Z Helio G85 (12nm)
CPUOcta-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52 MC2

Memori
Internal8/256 GB, 8/128 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 50 MP, f/1.8, 28mm (wide), 0.64┬Ám, PDAF
2 MP, f/2.4, (macro)
0.08 MP (auxiliary lens)
FiturLED flash, HDR
Video1080p@30fps

Kamera Depan
Resolusi8 MP, f/2.0
FiturHDR
Video1080p@30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
Bluetooth5.3, A2DP, LE
GPSGPS, GLONASS, GALILEO, BDS
RadioAda
NFCAda
USBUSB Type-C 2.0

Fitur
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, compass, Virtual proximity sensing
LainnyaProteksi layar Corning Gorilla Glass

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5000 mAh
Fitur18W, PD

Benchmark
Antutu261.613 (v10)

Kelebihan dan Kekurangan Poco C65

Berikut kelebihan dan kekurangan Poco C65 selengkapnya:

Kelebihan Poco C65

POCO C65 menawarkan sejumlah keunggulan yang patut diperhatikan di kelas harga Rp1 jutaan. Pertama, dari segi performa, ponsel ini didukung oleh chipset MediaTek Helio G85 yang tangguh dengan proses fabrikasi 12 nm. Meskipun tidak termasuk yang paling bertenaga, Helio G85 memberikan kinerja yang cukup baik untuk kebutuhan sehari-hari, didukung oleh RAM 6 GB atau 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB yang dapat diperluas hingga 1 TB melalui slot microSD. Chipset ini juga mampu menjalankan game dengan pengaturan grafis rendah hingga menengah, seperti PUBG Mobile atau Asphalt 9.

Selanjutnya, desain POCO C65 menawarkan kesan elegan dan ergonomis di segmen ponsel murah. Dengan modul kamera belakang yang simpel namun elegan, ponsel ini hadir dalam tiga varian warna yang menarik. Meskipun terbuat dari plastik, POCO C65 terasa nyaman di tangan dengan bobot yang ringan. Layarnya memiliki ukuran 6,74 inci dengan refresh rate adaptif 90 Hz, memberikan pengalaman visual yang imersif tanpa gangguan yang signifikan. Perlindungan Corning Gorilla Glass juga membuat layar ini lebih tangguh dan tahan terhadap goresan.

Dari segi fotografi, POCO C65 menyajikan kualitas yang memuaskan dengan konfigurasi tiga kamera belakang, termasuk sensor utama 50 MP yang menjanjikan hasil yang baik, terutama dalam kondisi siang hari. Meski kualitas foto malam hari memiliki sedikit noise, mode malam dapat meningkatkan hasilnya. Sementara itu, kamera depan 8 MP juga menghasilkan foto selfie yang memuaskan dengan mode potret yang mendukung.

Konektivitas POCO C65 cukup lengkap dengan fitur NFC, dual-band WiFi, dan Bluetooth 5.3, serta port USB Type-C untuk pengisian daya dan transfer data. Keberadaan fingerprint sensor yang terintegrasi dengan tombol power juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna dalam mengakses perangkat.

Terakhir, POCO C65 menawarkan jaminan pembaruan OS yang baik dengan pembaruan yang dijanjikan hingga dua tahun atau dua kali pembaruan. Dengan garansi purna jual hingga 15 bulan, pengguna dapat yakin bahwa ponsel ini akan didukung secara menyeluruh dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kekurangan Poco C65

Meskipun POCO C65 menawarkan sejumlah keunggulan yang mengesankan, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Pertama-tama, meskipun ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang seharusnya mampu bertahan seharian, daya tahan baterai tergolong standar. Dalam pengujian, terungkap bahwa POCO C65 hanya mampu bertahan selama 8 jam dalam tes video loop 4K. Ini mungkin dianggap kurang baik dibandingkan dengan beberapa pesaingnya yang menawarkan daya tahan baterai yang lebih lama. Selain itu, proses pengisian daya terbilang lambat dengan menggunakan charger 10 watt yang disertakan, membutuhkan waktu hampir 3 jam untuk pengisian penuh.

Kekurangan lainnya terletak pada jenis penyimpanan internal yang digunakan. Meskipun POCO C65 memiliki kapasitas memori internal yang luas, namun masih menggunakan jenis penyimpanan eMMC yang lebih lambat dibandingkan dengan tipe UFS. Kecepatan transfer data yang lebih rendah ini dapat memengaruhi kinerja ponsel dalam berbagai aktivitas, meskipun slot microSD terpisah memungkinkan pengguna untuk memperluas kapasitas hingga 1 TB tanpa mengganggu penggunaan dua kartu SIM.

Selanjutnya, ada beberapa fitur tambahan yang absen pada POCO C65, seperti sensor Gyro Hardware dan sensor infrared. Ketidakhadiran sensor Gyro Hardware dapat mengurangi pengalaman bermain game tertentu yang membutuhkan sensor tersebut, sementara ketiadaan sensor infrared membatasi kemampuan ponsel untuk berfungsi sebagai remote kontrol untuk perangkat elektronik lainnya.

Terakhir, POCO C65 tidak mendukung fitur Wi-Fi Direct, yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ponsel langsung ke perangkat lain tanpa perlu router sebagai perantara. Meskipun fitur ini mungkin tidak digunakan oleh semua orang, namun kekurangan ini tetap menjadi pertimbangan tergantung pada kebutuhan pengguna masing-masing.

Kesimpulan

POCO C65 adalah salah satu pilihan menarik dalam ranah ponsel kelas entry dengan harga yang terjangkau. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, ponsel ini menawarkan sejumlah keunggulan yang signifikan. Salah satu kelebihan utamanya terletak pada layarnya yang menarik. Meskipun resolusinya masih HD+, ponsel ini menawarkan refresh rate 90 Hz dan kecerahan 600 nit, meningkatkan pengalaman penggunaan secara keseluruhan. Perlindungan Corning Gorilla Glass juga membuat layar ini lebih tangguh dan tahan terhadap goresan.

Dari segi performa, POCO C65 mampu memberikan pengalaman yang memuaskan, terutama dengan pilihan RAM 6 GB dan 8 GB. Meski jenis memori internal eMMC yang digunakan mungkin menjadi titik lemah, kehadiran fitur NFC dan kamera 50 MP menjadi nilai tambah yang menarik.

Bagi mereka yang mencari ponsel dengan harga terjangkau, fitur NFC, layar menarik, dan mampu menjalankan gim ringan, POCO C65 bisa menjadi pilihan yang menarik. Dengan semua kelebihan dan kekurangannya, POCO C65 menawarkan nilai yang cukup baik dalam kelas harga Rp1 jutaan. Meskipun demikian, penting untuk mempertimbangkan kekurangan yang ada sesuai dengan kebutuhan pengguna sebelum membuat keputusan pembelian.

Disclaimer - Gizmonesia.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya