HP Samsung Terbaru (Agustus 2021) - Harga dan Spesifikasi

Ada begitu banyak ponsel Samsung yang sangat menarik. Perusahaan asal Korea Selatan ini dikenal selalu menghadirkan perangkat smartphone yang tahan lama dengan spesifikasi dan fitur andalannya. Jika kalian tertarik untuk membeli smartphone yang canggih, perusahaan ini memiliki Samsung Galaxy S21 , Samsung Galaxy S21 Plus dan Samsung Galaxy S21 Ultra , yang semuanya merupakan flagship kelas atas terbaru. Deretan tersebut juga telah diperbarui, karena hadirnya Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Samsung Galaxy Z Flip 3 yang masih hangat menjadi perbincangan karena baru saja diluncurkan.

HP Samsung TerbaruImage Credit : Samsung Indonesia

Namun, tentu saja Samsung tidak hanya memproduksi lini smartphone mahal yang tidak semua orang bisa menjangkaunya. Kalian juga bisa melirik ke seri Galaxy yang lain karena fitur unggulannya pun tidak kalah menarik. Di Indonesia, seri A dan M dari Samsung juga sukses menarik perhatian karena berada di segmen menengah. Selain kualitas perangkatnya, keunggulan Samsung yang diacungi jempol adalah pelayanan customer yang sangat baik dengan Service Center yang tersebar luas. Oleh sebab itu, tak heran jika Samsung menjadi perusahaan besar yang mempunyai banyak pengguna setia.

Kalian tertarik membeli HP terbaru Samsung? Mari simak informasi berikut ini.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G

HP Samsung

Sebagai HP terbaru Samsung, Galaxy Z Flip3 5G sukses menerima sorotan. Hal ini tidaklah mengherankan karena desain lipatnya yang cantik juga diimbangi dengan prosesor andalan. Menariknya, ponsel ini membawa mode Flex. Artinya kalian bisa melipatnya menjadi bentuk L dengan konfigurasi yang disesuaikan oleh Samsung.

Karena ponsel teranyar ini bisa dilipat, tentu ia membawa 2 tampilan display. Pertama, saat dibuka kalian akan mendapatkan ukuran layar 6.7 inci dengan resolusi 2,640 x 1.080. Sedangkan saat ditutup, ia menampilkan layar 1.9 inci dengan 512 x 260 piksel. Tak lupa Samsung juga telah membekalinya dengan IPX8.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 888. Ia berkombinasi dengan RAM besar 8GB dan penyimpanan internal dengan dua variasi, yakni 128GB dan 256GB. Perangkat ini berjalan dengan Android 11 terbaru sesuai perilisannya.

Untuk kamera, Samsung memutuskan untuk menyematkan sensor 12MP untuk kamera belakang utama dan kamera ultra-wide. Selain itu, terdapat pula resolusi 10MP pada kamera depan. Mengingat ukurannya, Galaxy Z Flip3 5G hanya dibekali dengan kapasitas daya 3.300 mAh. Namun ini merupakan kapasitas standar dan masih bisa kalian andalkan ketahanan daya-nya untuk digunakan sebagai perangkat harian.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G

HP Samsung

Nah, jika kalian kurang menyukai model lipat dari Z Flip3 5G di atas, maka cobalah model lipat versi Galaxy Z Fold3 5G. Keduanya adalah perangkat terbaru yang masih bisa kalian pesan melalui laman resmi Samsung. Namun, kali ini Galaxy Z Fold3 5G mendapatkan sensor kamera belakang berjumlah 3 dengan masing-masing resolusi 12Mp untuk kamera utama, kamera ultra-wide dan kamera telefoto. Sementara untuk cover kamera-nya di bagian depan mengemas resolusi 10MP.

Perangkat ini mengantongi sertifikasi IPX8, yang berarti dapat bertahan di kedalaman air hingga 1,5 meter selama 30 menit. Selayaknya smartphone lipat lain, Galaxy Z Fold3 5G juga menawarkan dua tampilan layar. Pertama, untuk layar yang dibuka terdapat ukuran 7.6 inci yang sangat lebar. Sementara saat tertutup terdapat layar 6.2 inci. Samsung menggunakan panel AMOLED sehingga kalian akan dimanjakan dengan kekuatan warnanya yang jernih dan tampak hidup. Menariknya, layarnya menawarkan refresh rate adaptif 120Hz sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G ditenagai oleh Chip Snapdragon 888. Jaringan 5G yang ditawarkannya berpadu dengan komponen yang tepat sehingga menghasilkan kinerja yang smooth. Bahkan, Samsung juga menyematkan dukungan RAM 12GB beserta penyimpanan internal 256GB.

Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G

HP Samsung

Seri Galaxy Note seringkali menjadi yang pertama dalam inovasi fitur ataupun spesifikasi unggulan. Nah, kali ini Galaxy Note20 Ultra 5G merangkul Corning Gorilla Glass sehingga membuatnya mengungguli kompetitornya. Menariknya, perangkat ini hadir dengan color material finish yang mencolok, elegan, dan canggih. Galaxy Note 20 Ultra 5G juga menghadirkan modul tiga kamera raksasa di bagian belakang.

Note 20 Ultra 5G mengunggulkan layar WQHD+ Dynamic AMOLED 6,9 inci yang besar. Layarnya memiliki resolusi 3096 x 1440 piksel dan kecepatan refresh 120Hz. Ia juga bersertifikat HDR10+ yang membuat menonton konten di Netflix dan Amazon Prime Video menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Untuk bagian dapur pacu, Galaxy Note20 Ultra 5G memiliki chipset Exynos 990 yang dibuat pada proses 7nm+. Chipsetnya hadir dengan dua inti utama khusus yang memiliki clock 2,73GHz, dua inti Cortex A76, dan empat inti efisiensi Cortex A55. Perangkat ini hadir dengan RAM LPDDR5 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.0 256GB/512GB untuk memastikan kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat. Sebuah slot kartu microSD hybrid juga hadir untuk ekspansi penyimpanan lebih lanjut hingga 1TB.

Dengan Galaxy S20 Ultra 5G, Samsung memperkenalkan pengaturan quad-camera dengan sensor utama 108MP dan kamera belakang dengan resolusi 10MP.

Samsung Galaxy M32

HP Samsung

Untuk membuat pasar dan smartphone kelas menengahnya kompetitif, Samsung baru-baru ini juga meluncurkan Galaxy M32 di Indonesia. Kalian bisa mendapatkan smartphone ini dengan budget 2 jutaan saja. Ponsel ini memiliki penutup plastik reflektif gradien di bagian belakang dengan lapisan mengkilap dan didesain ringkas sehingga nyaman digunakan dengan satu tangan.

Galaxy M32 menampilkan layar Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi fullHD+ dan kecepatan refresh 90Hz. Layarnya menawarkan kecerahan hingga 800 nits sehingfa tetap dapat dibaca dalam kondisi luar ruangan yang cerah. Untuk mengurangi kelelahan mata, ponsel ini dilengkapi dengan 'Eye comfort shield' yang terpasang di sistem operasi agar menyesuaikan suhu warna layar (membatasi cahaya biru).

Galaxy M32 memiliki pengaturan quad-camera di bagian belakang dan menampilkan sensor utama 64 megapiksel, sensor ultra-wide 8MP, sensor depth 2MP, dan lensa makro 2MP. Di bagian depan, ponsel ini memiliki sensor 20MP untuk selfie, video, dan mekanisme face unlock.

Samsung Galaxy M32 ditenagai oleh sistem-on-chip MediaTek Helio G80, dipasangkan dengan RAM hingga 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Untuk OS, perangkat ini mem-boot OneUI 3.1 berbasis sistem operasi Android 11.

Samsung Galaxy A22

HP Samsung

Samsung Galaxy A22 adalah alternatif yang lebih murah selain Galaxy M32. Samsung Galaxy A22 dilengkapi dengan layar Infinity-U Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan refresh rate 90Hz beresolusi 720p dengan rasio aspek 20:9. Perangkat ini menawarkan kecerahan 600 nits dalam mode HDR-nya. Karena panel Super AMOLED maka itu berarti warna dan kontras yang ditampilkan adalah sesuatu yang pasti akan kalian sukai. Galaxy A22 hadir dengan sertifikasi Widevine L1 yang berarti kalian dapat melakukan streaming konten HD di platform OTT.

Samsung Galaxy A22 dikemas dalam SoC MediaTek Helio G80 yang dibuat pada node 12nm. Ini adalah prosesor octa-core dengan dua 2.0GHz Cortex-A75 dan enam 1.8GHz Cortex-A55 core. Chipsetnya dipasangkan dengan Mali-G52 MC2 bersama dengan penyimpanan eMMC 5.1 sebesar 128GB dan RAM 6GB.

Samsung Galaxy A22 hadir dengan pembaruan OneUI Core 3.1 berbasis Android 11 out-of-the-box. Ini adalah versi inti OneUI 3.1 yang dioptimalkan untuk berjalan lebih cepat dan lancar. Di bagian depan layar terdapat kamera selfie 13MP dan di belakang ada pengaturan quad-camera (48MP dengan OIS, ultrawide 8MP, kamera makro 2MP, dan sensor depth 2MP). Perangkat ini mengemas baterai 5000 mAh dan fast charging 15W.

Samsung Galaxy A22 5G

HP Samsung

Samsung Galaxy A22 5G memiliki desain standar, tetapi tersedia dalam warna yang unik yang biasanya tidak akan terlihat di segmen kelas menengah karena perangkat ini juga menawarkan warna violet dan abu-abu. Panel belakangnya memiliki lapisan matte yang disukai oleh banyak generasi muda.

Samsung Galaxy A22 5G memngusung layar TFT. Namun meskipun demikian, Samsung Galaxy A22 5G memiliki layar Full HD+ 6,6 inci yang besar sehingga kalian akan puas menggunakannya untuk menonton film dan bermain game. Hal yang baik tentang layar ini adalah kecepatan refresh 90Hz yang membuat pengguliran dan penggunaan umum pada ponsel ini akan lebih lancar.

Selain keunggulan jaringan 5G yang tersemat pada namanya, perangkat ini juga memiliki prosesor mendukung. Samsung Galaxy A22 5G hadir di Indonesia dengan ditenagai oleh MediaTek Dimensity 700 5G (7nm) dan GPU Mali-G57 MC2 untuk grafisnya. Kalian akan mendapatkan kapasitas RAM besar di sini, yaitu 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Untuk sensor kamera, terdapat susunan 3 kamera belakang yang terdiri dari 48 MP (f/1.8, PDAF) kamera utama, 5 MP (f/2.2, 115 derajat) kamera ultrawide, dan 2 MP (f/2.4) kamera depth. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8MP.

Samsung Galaxy M62

HP Samsung

Salah satu HP terbaru Samsung adalah Galaxy M62. Perangkat yang satu ini populer karena kehadiran baterai monsternya. Selain itu, ia memiliki panel Super AMOLED Plus yang siap menampilkan warna-warna intens, dengan hitam pekat dan tampilan luar biasa dari berbagai sudut.

Ukuran 6,7 inci dan resolusi 2400 x 1080 piksel yang dibawanya memang cukup memanjakan mata bagi kalian yang menyukai layar besar. Ditambah dengan level 420 nits yang ada di sini tentu bisa memungkinkan kalian untuk menggunakan ponsel di luar ruangan pada hari yang cerah dengan mudah.

Galaxy M62 hadir dengan CPU Octa Core, RAM 8GB, dan ROM 256GB. Pada OS-nya terdapat Android 11 dan antarmuka One UI 3.1. Sistem operasi ini menawarkan menu pengaturan yang terorganisir, efek transisi yang baik, dan beberapa fitur Samsung sendiri yang multi-fungsi. Selain itu, Galaxy M62 menawarkan sensor optik yang menarik.

Ia memuat kamera utama 64 megapiksel. Ia juga mncul dengan sensor wide angle 12 megapiksel, serta dua kamera lainnya dengan masing-masing 5 megapiksel untuk makro dan depth. Sementara kamera selfienya memuat resolusi 32MP. Galaxy M62 mampu memotret 4K pada 30 frame per detik sehingga kalian bisa menghasilkan konten videografi yang menarik.

Samsung Galaxy M12

HP Samsung

Galaxy M12 adalah salah satu ponsel paling terjangkau di seri Galaxy M. Panel belakang M12 terlihat sangat berkelas, dengan banyak garis diagonal melintang di sebagian besar bagian belakang dan sisanya terlihat polos tanpa tekstur sehingga terlihat simple. Sensor sidik jarinya terintegrasi ke dalam tombol daya, dan seperti semua pembaca sidik jari kapasitif, yang satu ini juga diklaim langsung bereaksi dan memiliki akurasi yang sangat tinggi.

Meskipun dibanderol di kisaran harga 1 jutaan, Galaxy M12 akan memberikan kalian layar lenar 6.5 inci dan refresh rate 90Hz. Untuk resolusi, layar M12 memiliki resolusi 720p yang sangat affordable untuk ponsel terjangkau. Galaxy M12 ditenagai oleh Prosesor Exynos 850, dan dipasangkan dengan RAM 3GB/4GB dan penyimpanan internal 32GB/64GB. Kombinasi ini akan membantu kalian menjalankan aplikasi berat dan navigasi sistem tanpa lag.

Untuk kameranya, Samsung membekali M12 dengan pengaturan kamera belakang quad 48MP f/1.8 wide + 5MP f/2.2 ultrawide + 2MP f/2.4 macro + 2MP f/2.4 depth sensor, serta kamera depan 8MP f/2.2. Selain itu, Samsung M12 memiliki daya tahan baterai yang mengesankan berkat baterai 5000mAh yang siap menemani aktivitas kalian.

Samsung Galaxy A32 5G

HP Samsung

Jika kalian mencari opsi HP terbaru Samsung berjaringan 5G yang terjangkau, maka Galaxy A32 5G sangat cocok untuk dipilih. Dengan sensor sidik jari yang tersemat di tombol daya, tentu perangkat ini cocok bagi kalian yang ingin navigasi simpel.

Pada bagian display, Samsung memutuskan untuk memilih panel TFT berukuran 6,4 inci dengan resolusi full HD Plus. Layar 6,5 inci yang ditawarkannya menawarkan banyak ruang untuk bermain game atau menonton video, dan diklaim terang dan cerah untuk dinikmati di semua kondisi.

Kamera di bagian belakang tersembunyi di dalam bodi ponsel, bukannya ditempatkan di unit yang berbeda sehingga dapat memberikan tampilan unik di antara ponsel masa kini. Kamera itu sendiri terdiri dari kamera 48 megapiksel standar, dengan lensa ultrawide 8 megapiksel bersama dengan sensor depth dan kamera makro untuk bidikan close-up. Kamera ini juga memiliki fungsi panorama, dan kalian bisa merekam video hingga resolusi 4K. Sementara di bagian depan terdapat kamera selfie dengan resolusi 13MP.

Di dalamnya ada prosesor MediaTek Dimensity 720 dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Kalian juga bisa memperluas penyimpanannya dengan microSD hingga 1 TB. Perangkat ini juga mendukung NFC dan Smart Switch yang sangat multi fungsi. Kalian bisa mendapatkan berbagai keunggulannya dengan harga di kisaran 3 jutaan saja.

Samsung Galaxy A32

HP Samsung

Ponsel seri Samsung A seringkali menjadi pertengahan antara seri S yang premium dengan smartphone seri M di segmen entry-level. Sekarang, Galaxy A32 adalah smartphone pertama Samsung di seri ini dengan layar AMOLED yang menawarkan refresh rate 90Hz. Galaxy A32 dilengkapi dengan layar FHD+ Super AMOLED 6,4 inci dengan display Infinity-U yang menampung kamera depan.

Perangkat yang dibanderol dengan harga 3 jutaan ini ditenagai oleh MediaTek Helio G80SoC. Ini adalah prosesor yang layak dengan kinerja yang memuaskan sehingga kalian akan mendapatkan performa yang tidak mengecewakan. Ia dipasangkan dengan pilihan antara RAM 6GB dan 8GB serta penyimpanan internal tunggal 128GB. Galaxy A32 hadir dengan One UI 3.1 berbasis Android 11 out-of-the-box. Samsung juga telah menjanjikan tiga tahun pembaruan perangkat lunak reguler dengan ponsel ini.

Samsung telah membekali Galaxy A32 dengan pengaturan kamera belakang quad. Kamera utamanya adalah sensor 64MP yang mengambil bidikan pixel binned pada 16MP. Ia dilengkapi oleh kamera ultra-wide 8MP dan sensor makro serta depth yang sama-sama beresolusi 5MP. Untuk kamera depan, terdapat sensor 20MP.

Samsung Galaxy A52

HP Samsung

Salah satu HP terbaru Samsung ini dibanderol dengan harga mulai dari 5 jutaan dan memiliki banyak varian warna: Awesome White, Awesome Black, Awesome Violet, dan Awesome Blue. Perangkat ini adalah suksesor dari Galaxy A52 versi 5G. Pada bagian display, kalian akan mendapatkan layar Super AMOLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi FHD+ (1.080 x 2.400 piksel). Layarnya mengusung tampilan Infinity-O display dengan refresh rate 90Hz, aspek rasio 20:9 dan dilengkapi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Galaxy A52 ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 720G, yang merupakan chipset octa-core clock 2.3GHz dengan GPU Adreno 618 tertanam untuk tugas pemrosesan grafis. Kalian bisa memilih variasi penyimpanan yang disediakan oleh Samsung dengan pilihan RAM 8GB dan pilihan penyimpanan internal 128GB/256GB.

Salah satu bagian menarik di Galaxy A52 adalah kameranya. Ia hadir dengan kamera utama 64MP lengkap dengan aperture f/1.8 yang lebih lebar dan stabilisasi gambar optik, ultra wide 12MP (f/2.2) 123 derajat yang bekerja dengan unit sensor depth 5MP (f/2.4) dan kamera makro 5MP (f/2.4) untuk fotografi jarak dekat. Sementara di bagian depan, terdapat kamera selfie 32MP.

Samsung Galaxy A72

HP Samsung

Samsung Galaxy A72 menampilkan desain baru yang segar, mirip dengan apa yang kalian bisa lihat di Galaxy A52. Perangkat ini sederhana dan elegan dan hadir dalam berbagai warna pastel. Untuk sistem autentifikasi, Samsung Galaxy A72 memiliki sensor sidik jari dalam layar yang terlihat modern. Di Indonesia, perangkat ini dibanderol pada kisaran harga 5 jutaan.

Layar Super AMOLED 6,7 inci yang dibawa oleh Galaxy A72 memiliki resolusi full-HD+ (.080 x 2.400 piksel) dan kecepatan refresh 90Hz. Selain itu, perangkat ini mendukung pemutaran HDR dan memiliki klaim tingkat kecerahan 800 nits. Samsung juga telah memasang perangkat ini dengan Gorilla Glass 5. Tak lupa Galaxy A72 juga akan memberikan perlindungan maksimal dengan hadirnya IP67.

Sama seperti saudara kembarnya, Galaxy A72 juga ditenagai oleh Snapdragon 720G (8nm) dan dipasangkan dengan RAM 8GB dan varian penyimpanan internal 128/256 GB. Ponsel ini memiliki slot Dual-SIM hybrid (microSD hingga 1 TB) sehingga kalian masih memiliki opsi memperluas kapasitasnya.

Untuk sensor kamera, terdapat kamera selfie 32MP dan kamera belakang yang disusun dengan kombinasi kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 12MP, telefoto 8MP, dan kamera makro 5MP.

Samsung Galaxy M02

HP Samsung

Samsung Galaxy M02 memiliki build berkualitas baik dan dibanderol di kisaran harga 1 jutaan saja. Bagian depan, seperti biasa adalah layar lebar dengan bezel yang berukuran cukup setara dengan banderol harganya. Kalian akan menemukan lekukan berbentuk teardrop notch di atasnya.

Samsung Galaxy M02 menampilkan panel PLS IPS 6,5 inci dengan resolusi 720x1600 piksel. Perangkat ini memiliki kepadatan 270PPI dan memiliki rasio screen-to-body 81,9 persen. Terakhir, layarnya memiliki rasio aspek 20:9. Ponsel ini bersertifikasi Widevine L3 yang memungkinkan menampilkan konten pada 720p secara maksimal bahkan pada platform OTT seperti Netflix, Amazon Prime Video, dan lainnya.

Berbicara tentang kinerja, Samsung Galaxy M02 digerakkan oleh chipset quad-core MediaTek MT6739W entry-level yang diproduksi pada node 28nm. Perangkat ini memiliki RAM 2GB bersama dengan penyimpanan internal 32GB eMMC 5.1. Selain itu, ada juga slot kartu microSD khusus yang memungkinkan perluasan memori lebih jauh.

Perangkat ini berjalan pada OneUI 2.5 yang didukung Android 10 yang merupakan antarmuka pengguna yang ringan jika dibandingkan dengan UI khusus lainnya. Untuk kamera, terdapat susunan kamera belakang 13MP+2MP dan kamera depan 5MP. Selain itu, terdapat baterai besar 5000 mAh yang bisa diandalkan.

Samsung Galaxy S21+ 5G

HP Samsung

Galaxy S21+ 5G berada di tengah-tengah antara Galaxy S21 dan Galaxy S21 Ultra, tetapi ia menampilkan hampir semua hal baik tentang S21 biasa dalam paket keunggulan yang lebih besar. Samsung Galaxy S21+ 5G sekali lagi membuktikan mengapa Samsung menjadi produsen ponsel Android yang dominan.

Kalian dapat melihatnya di komponen paling awal, yaitu bagian display. Perangkat ini mengusung Dynamic AMOLED berukuran 6.7 inci dengan maksimal display refresh rate 120Hz dan resolusi FHD+. Samsung juga menyematkan sensor sidik jari baru dan lebih baik di bawah layar, yang 1,7x lebih besar dan 50% lebih cepat dari pendahulunya.

Galaxy S21+ 5G menggunakan pengaturan kamera yang sama dengan Galaxy S20 Plus. Perangkat ini memiliki lensa wide angle 12MP, ultrawide 12MP, dan lensa telefoto 64MP yang menawarkan zoom space hingga 30x. Sementara di bagian depan, ada sensor 10MP yang bisa diandalkan. Untuk perekaman video, perangkat ini dapat mencapai hingga 8K pada 24 frame per detik (fps) dan juga mendukung 4K pada 60 fps dan 1080p pada 120 fps.

Untuk performa yang andal, perangkat ini ditenagai oleh Exynos 2100 yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan variasi ROM 128GB/256GB.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

HP Samsung

Galaxy S21 Ultra adalah salah satu HP terbaru Samsung dengan segudang spesifikasi unggulan dan S Pen sebagai bonusnya. Di Indonesia sendiri, harganya berkisar mulai dari 18 jutaan. Salah satu peningkatan desain yang paling terlihat dari pendahulunya adalah sensor sidik jari 1,7x lebih besar sehingga lebih mudah membuka kunci perangkat.

Layar AMOLED Dinamis 6,8 inci pada Galaxy S21 Ultra 5G menawarkan refresh rate 120Hz sehingga kalian akan mendapatkan kinerja yang smooth. Berita bagus lainnya, layar S21 Ultra 5G mudah dibaca di luar ruangan, karena dapat mencapai tingkat kecerahan puncak 1.500 nits serta memiliki fitur eye comfort shield. Samsung mengklaim bahwa S21 Ultra 5G memiliki rasio kontras 3 juta:1, yang 50% lebih tinggi dari S20 Ultra.

Pada bagian kamera, terdapat sensor utama 108MP dan kamera ultra wide 12MP, yang dilengkapi dengan dua sensor telefoto. Selain itu, kamera depannya pun tak kalah jernih dengan resolusi 40MP. Kinerja cerdas keseluruhan dari ponsel ini hadir berkat chipset Exynos 2100 dan kalian bisa memilih 3 variasi penyimpanan dengan pilihan RAM 12GB/12GB/16GB dan penyimpanan internal 128GB/256GB/512GB. Ditambah kapasitas daya sebesar 5000 mAh, perangkat ini akan siap menemani aktivitas sehari-hari.

Lengkap sudah daftar HP terbaru Samsung yang bisa jadi referensi saat ingin mengganti smartphone. Selain kualitasnya yang diakui tahan lama, Samsung juga kerap menghadirkan inovasi dengan spesifikasi yang mumpuni. Seri mana nih yang menjadi andalan kalian?