Vivo Y17s - Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Berikut harga, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Vivo Y17s selengkapnya
Gambar Vivo Y17s

Harga Vivo Y17s

Harga
6/128 GB - Rp 2.000.000
4/64 GB - Rp 1.600.000
Lihat Harga Terbaru

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Vivo terbaru.

Spesifikasi Vivo Y17s

Umum
RilisSeptember 2023
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat186gr
Dimensi163.7 x 75.4 x 8.1 mm
MaterialDepan kaca, belakang plastik, frame plastik
WarnaGlitter Purple, Forest Green

Layar
TipeIPS LCD, 700 nits
Ukuran6.56 inci, (~83.8% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1612 pixel, rasio 20:9, ~269 ppi

Platform
OSAndroid 13, Funtouch 13
ChipsetMediatek MT6769 Helio G85 (12nm)
CPUOcta-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52 MC2

Memori
Internal6/128 GB, 4/64 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalTersedia slot microSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 50 MP, f/1.8, (wide), PDAF
2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, panorama
Video1080p@30fps

Kamera Depan
Resolusi8 MP, f/2.0, (wide)
Fitur-
Video1080p@30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSGPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS
RadioAda
NFCTidak ada
USBUSB Type-C 2.0, OTG

Fitur
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass
LainnyaIP54, dust and splash resistant

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5000 mAh
Fitur15W wired, Reverse wired

Benchmark
Antutu217.650 (v9)

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y17s

Berikut kelebihan dan kekurangan Vivo Y17s selengkapnya:

Kelebihan Vivo Y17s

Vivo Y17s menonjolkan sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan menarik dalam segmen harga entry-level. Pertama-tama, performa unggul di kelas harga entry-level menjadi daya tarik utama, didukung oleh chipset MediaTek Helio G85. Meskipun bukan yang terbaru, Helio G85 mampu memberikan kinerja yang handal dengan fabrikasi 12 nm dan fitur HyperEngine yang efisien. Keberadaan GPU ARM Mali G52 juga membuat pengalaman gaming menjadi lebih lancar. Fitur-fitur seperti Ultra Game Mode dan Game Space pada sistem operasi Android 13 dari vivo turut meningkatkan pengalaman gaming dengan menonaktifkan notifikasi sementara dan memberikan informasi FPS, optimasi RAM, dan lainnya.

Kapasitas RAM dan memori yang besar untuk kelas entry-level juga menjadi kelebihan lainnya. Vivo Y17s dilengkapi dengan RAM LPDDR4x 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB yang dapat diperluas hingga 1 TB melalui kartu memori eksternal. Fitur Extended RAM memungkinkan pengguna memanfaatkan tambahan 6 GB dari penyimpanan internal sebagai RAM virtual, meningkatkan kinerja multitasking. Baterai berkapasitas 5.000 mAh memberikan daya tahan yang lama, dapat bertahan sepanjang hari bahkan dengan penggunaan yang intensif. Layar terang dengan refresh rate 90 Hz juga meningkatkan pengalaman visual pengguna, cocok untuk menonton film atau bermain game.

Desainnya yang simpel, elegan, dan tahan air menjadi nilai tambah tersendiri. Konsep "desain ala sultan" dan varian warna Glitter Purple dan Forrest Green memberikan tampilan yang mewah. Teknologi crystalline matte pada bodi belakang membuatnya tahan sidik jari dan goresan. Kamera belakang 50 MP yang unggul dengan teknologi 4-in-1 pixel binning juga meningkatkan kemampuan fotografi.

Kekurangan Vivo Y17s

Meskipun memiliki sejumlah kelebihan, vivo Y17s juga tidak terlepas dari beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Pertama, ketiadaan fitur ultrawide pada kamera belakang menjadi kekurangan yang dapat dirasakan, terutama bagi pengguna yang suka mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih luas. Fitur ini umumnya sudah menjadi standar pada ponsel dengan harga serupa.

Selain itu, penggunaan teknologi penyimpanan eMMC 5.1 dianggap sudah ketinggalan zaman. Meskipun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, teknologi ini dapat memengaruhi kecepatan transfer data dan kinerja saat bermain game. Beberapa ponsel di kisaran harga serupa sudah beralih ke teknologi penyimpanan UFS 2.2 yang lebih canggih.

Tanpa perlindungan Gorilla Glass pada layar juga menjadi kekurangan tersendiri. Meskipun tidak dijelaskan apakah vivo Y17s memiliki perlindungan kaca khusus, keberadaan Gorilla Glass dapat memberikan lapisan perlindungan yang lebih baik terhadap goresan pada layar.

Kesimpulan

Vivo Y17s, dengan harga yang terjangkau, menawarkan sejumlah kelebihan yang menjadikannya pilihan menarik dalam kategori ponsel entry-level. Performa tangguh, kapasitas RAM dan memori yang besar, baterai tahan lama, layar cerah dengan refresh rate tinggi, desain elegan, dan kamera unggul membuatnya cocok untuk berbagai kebutuhan pengguna, mulai dari gaming hingga fotografi.

Namun, pengguna perlu mempertimbangkan kekurangan seperti ketiadaan fitur ultrawide, penggunaan teknologi penyimpanan yang lebih lawas, dan ketiadaan perlindungan Gorilla Glass pada layar. Meski demikian, vivo Y17s tetap menjadi pilihan yang solid dalam segmen harga tersebut, dan calon pengguna sebaiknya memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Disclaimer - Gizmonesia.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn