iPhone 12 - Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Gambar iPhone 12

Harga iPhone 12

Harga
4/64 GB - Rp 12.000.000
4/128 GB - Rp 14.000.000
4/256 GB - Rp 16.000.000
Lihat Harga Terbaru

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga hp iPhone terbaru.

Spesifikasi iPhone 12

Umum
RilisNovember 2020
Jaringan GSM, CDMA, HSPA, EVDO, LTE, 5G
SIM Card Single SIM (Nano-SIM and/or eSIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat164 gram
Dimensi146.7 x 71.5 x 7.4 mm
MaterialDepan kaca Gorilla Glass, Belakang kaca Gorilla Glass, Frame alumunium
WarnaBlack, White, Red, Green, Blue, Purple

Layar
TipeSuper Retina XDR OLED, HDR10, Dolby Vision
Ukuran6.1 inci, ~86.0% rasio layar ke body
Resolusi1170 x 2532 pixel, rasio 19.5:9, ~460 ppi

Platform
OSiOS 14.1, upgradable to iOS 15.1
ChipsetApple A14 Bionic (5 nm)
CPUHexa-core (2x3.1 GHz Firestorm + 4x1.8 GHz Icestorm)
GPUApple GPU (4-core graphics)

Memori
Internal4/64 GB, 4/128 GB, 4/256 GB
JenisNVMe
EksternalTidak tersedia

Kamera Belakang
Resolusi 12 MP, f/1.6, 26mm (wide), 1.4┬Ám, dual pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 13mm, 120˚ (ultrawide), 1/3.6"
FiturDual-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama)
Video4K @24/30/60fps, 1080p @30/60/120/240fps, HDR, Dolby Vision HDR (up to 30fps), stereo sound rec.

Kamera Depan
Resolusi12 MP, f/2.2, 23mm (wide), 1/3.6"
SL 3D, (depth/biometrics sensor)
FiturHDR
Video4K @24/30/60fps, 1080p @30/60/120fps, gyro-EIS

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmTidak ada

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
RadioTidak ada
NFCAda
USBLightning, USB 2.0

Fitur
SensorFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
LainnyaSiri natural language commands and dictation, Ultra Wideband (UWB) support

Baterai
TipeLi-Ion, non-removable
Kapasitas2815 mAh
FiturFast charging 20W, USB Power Delivery 2.0, MagSafe wireless charging 15W, Qi magnetic fast wireless charging 7.5W

Benchmark
Antutu (v8)576.745

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12

Berikut kelebihan dan kekurangan iPhone 12 selengkapnya:

Kelebihan iPhone 12

iPhone 12, sebagai ponsel flagship dari Apple, menawarkan sejumlah keunggulan yang menjadikannya sebagai pilihan utama di pasaran. Salah satu keunggulan utamanya adalah panel layar Super Retina XDR OLED yang memukau. Dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 11, iPhone 12 menampilkan layar OLED yang menghasilkan warna yang lebih hidup, kontras yang lebih tajam, dan efisiensi daya yang lebih baik. Dengan resolusi 1170 x 2532 piksel, layar 6,1 inci ini memberikan pengalaman visual yang luar biasa bagi penggunanya. Lebih lanjut, kehadiran kaca keramik memberikan ketahanan tambahan terhadap benturan, menjadikannya pilihan yang lebih tahan lama.

Selain itu, iPhone 12 juga menonjol dalam hal daya tahan baterai yang impresif. Pengujian menunjukkan bahwa iPhone 12 mampu bertahan lebih lama dari banyak varian lainnya, bahkan mengalahkan versi Pro, dengan durasi hingga 6 jam 41 menit dalam penggunaan yang beragam. Kinerja baterai yang tangguh ini menjadi nilai tambah yang signifikan bagi pengguna yang menginginkan daya tahan yang handal dalam penggunaan sehari-hari.

Kemampuan chipset Apple A14 Bionic menjadi salah satu keunggulan yang tak terbantahkan dari iPhone 12. Dibandingkan dengan pesaingnya, iPhone 12 menunjukkan performa yang luar biasa dalam berbagai tes benchmark, dengan skor yang mengungguli banyak ponsel flagship lainnya. Dengan chipset ini, pengguna dapat menikmati pengalaman bermain game dan pengeditan video yang mulus serta responsif, menjadikan iPhone 12 sebagai pilihan ideal bagi pengguna yang menginginkan kinerja tertinggi.

Fitur perekaman Dolby Vision merupakan fitur lain yang membuat iPhone 12 menjadi pilihan yang menarik. Dengan kemampuan merekam video dalam format Dolby Vision HDR secara real-time, pengguna dapat menghasilkan konten berkualitas profesional langsung dari ponsel mereka. Hal ini membuka peluang baru bagi para pelaku kreatif untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan lebih mudah dan praktis.

Sertifikasi ketahanan air dan debu IP68 menjadi keunggulan tambahan dari iPhone 12. Fitur ini memberikan perlindungan ekstra terhadap perangkat, memastikan bahwa iPhone 12 tetap berfungsi dengan baik meskipun terkena cairan atau debu dalam kondisi sehari-hari. Dengan sertifikasi ini, pengguna dapat memiliki kepercayaan tambahan terhadap ketahanan dan keandalan iPhone 12 dalam berbagai situasi.

Terakhir, kinerja fotografi iPhone 12, terutama dalam kondisi pencahayaan rendah, patut diacungi jempol. Dengan konfigurasi dual kamera yang canggih dan mode malam yang sangat baik, pengguna dapat menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi bahkan dalam kondisi cahaya yang minim. Ini menjadikan iPhone 12 sebagai pilihan yang ideal bagi pecinta fotografi yang menginginkan hasil yang tajam dan jernih dalam berbagai situasi pencahayaan.

Kekurangan iPhone 12

Meskipun iPhone 12 menawarkan sejumlah keunggulan yang mengesankan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ponsel ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli. Salah satunya adalah absennya fitur Touch ID, yang membuat pengguna harus mengandalkan Face ID untuk membuka kunci layar. Ini menjadi kurang praktis terutama dalam situasi di mana pengguna mengenakan masker, karena Face ID tidak berfungsi secara optimal dalam kondisi tersebut.

Kemudian, keputusan Apple untuk tidak menyertakan kepala charger dan earphone dalam kotak pembelian juga dapat menjadi kekurangan tersendiri. Meskipun merupakan langkah untuk mengurangi jejak karbon, hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna baru yang harus membeli aksesori tersebut secara terpisah. Selain itu, absennya refresh rate layar yang tinggi juga menjadi kekurangan iPhone 12, mengingat banyak pesaingnya yang telah dilengkapi dengan refresh rate 120 Hz yang meningkatkan pengalaman visual pengguna.

Terakhir, absennya sensor LiDAR juga dapat menjadi kekurangan bagi sebagian pengguna yang menginginkan fitur tersebut untuk pengalaman augmented reality yang lebih imersif. Meskipun iPhone 12 menawarkan berbagai keunggulan dalam hal fotografi malam, namun kehadiran sensor LiDAR dapat membuka peluang baru dalam hal interaksi dengan lingkungan nyata, yang tidak dimiliki oleh iPhone 12 reguler.

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangannya, iPhone 12 tetap menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang menginginkan ponsel flagship dengan performa terbaik dan fitur canggih. Dengan layar OLED yang memukau, daya tahan baterai yang tangguh, chipset terbaik di kelasnya, fitur perekaman Dolby Vision, serta sertifikasi ketahanan air dan debu yang baik, iPhone 12 menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa dalam berbagai situasi penggunaan. Namun, calon pembeli juga harus mempertimbangkan kekurangan seperti absennya fitur Touch ID, kepala charger dan earphone yang tidak disertakan, refresh rate layar yang terbatas, dan absennya sensor LiDAR untuk memastikan bahwa iPhone 12 sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Disclaimer - Gizmonesia.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya