iPhone 12 Mini - Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Berikut harga, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Mini selengkapnya
Gambar iPhone 12 Mini

Harga iPhone 12 Mini

Harga
4/64GB - Rp 11.000.000
4/128GB - Rp 12.500.000
4/256GB - Rp 14.000.000
Lihat Harga Terbaru

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga hp iPhone terbaru.

Spesifikasi iPhone 12 Mini

Umum
RilisNovember 2020
Jaringan GSM, CDMA, HSPA, EVDO, LTE, 5G
SIM Card Single SIM (Nano-SIM and/or eSIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat135 gram
Dimensi131.5 x 64.2 x 7.4 mm
MaterialDepan kaca Gorilla Glass, Belakang kaca Gorilla Glass, Frame alumunium
WarnaBlack, White, Red, Green, Blue, Purple

Layar
TipeSuper Retina XDR OLED, HDR10, Dolby Vision
Ukuran5.4 inci, ~85.1% rasio layar ke body
Resolusi1080 x 2340 pixel, rasio 19.5:9, ~476 ppi

Platform
OSiOS 14.1, upgrade ke iOS 15.1
ChipsetApple A14 Bionic (5 nm)
CPUHexa-core (2x3.1 GHz Firestorm + 4x1.8 GHz Icestorm)
GPUApple GPU (4-core graphics)

Memori
Internal4/64 GB, 4/128 GB, 4/256 GB
JenisNVMe
EksternalTidak ada

Kamera Belakang
Resolusi 12 MP, f/1.6, 26mm (wide), 1.4┬Ám, dual pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 13mm, 120˚ (ultrawide), 1/3.6"
FiturDual-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama)
Video4K @24/30/60fps, 1080p @30/60/120/240fps, HDR, Dolby Vision HDR (up to 30fps), stereo sound rec.

Kamera Depan
Resolusi12 MP, f/2.2, 23mm (wide), 1/3.6"
SL 3D, (depth/biometrics sensor)
FiturHDR
Video4K @24/30/60fps, 1080p @30/60/120fps, gyro-EIS

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmTidak ada

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
RadioTidak ada
NFCAda
USBLightning, USB 2.0

Fitur
SensorFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
LainnyaSiri natural language commands and dictation, Ultra Wideband (UWB) support

Baterai
TipeLi-Ion, non-removable
Kapasitas2227 mAh
FiturFast charging 20W, USB Power Delivery 2.0, MagSafe wireless charging 15W, Qi magnetic fast wireless charging 7.5W

Benchmark
Antutu (v8)580.142

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 Mini

Berikut kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Mini selengkapnya:

Kelebihan iPhone 12 Mini

iPhone 12 Mini menawarkan serangkaian keunggulan yang membuatnya menonjol di pasar smartphone. Salah satu keunggulan utamanya adalah layarnya yang memukau. Dengan menggunakan panel Super Retina XDR OLED, layar iPhone 12 Mini menampilkan gambar yang tajam dan cerah dengan tingkat kecerahan yang tinggi, membuatnya ideal untuk menonton konten multimedia atau bermain game. Teknologi layar OLED memberikan kontras yang tinggi, warna yang akurat, dan respons sentuhan yang cepat, meningkatkan pengalaman visual pengguna secara keseluruhan. Selain itu, resolusi Full HD Plus dengan rasio aspek 19,5:9 memberikan detail yang tajam dan pengalaman menonton yang imersif.

Selain layar yang memukau, desain bodi yang kompak adalah salah satu keunggulan lainnya dari iPhone 12 Mini. Sesuai dengan namanya, perangkat ini memiliki dimensi bodi yang ramping dan ringan, yang membuatnya sangat portabel dan nyaman digenggam. Dengan panjang dan lebar hanya sekitar 131,5 x 64,2 mm, serta ketebalan sekitar 7,4 mm dan bobot sekitar 135 gram, iPhone 12 Mini mudah dimasukkan ke dalam saku tanpa menimbulkan ketidaknyamanan. Perlindungan terhadap air dan debu dengan sertifikasi IP68 memberikan kepastian tambahan tentang daya tahan perangkat, sehingga pengguna dapat menggunakan perangkat ini dengan percaya diri di lingkungan sehari-hari.

Fitur MagSafe yang inovatif adalah tambahan lain yang membuat iPhone 12 Mini menonjol. MagSafe memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses berbagai aksesoris tambahan, seperti dompet kulit untuk menyimpan kartu digital atau ATM, serta melakukan pengisian daya nirkabel. Fitur ini tidak hanya menambah fungsionalitas perangkat, tetapi juga meningkatkan kenyamanan pengguna dalam menggunakan aksesori tambahan.

Kualitas audio yang mengagumkan dari dual stereo speaker adalah keunggulan lain dari iPhone 12 Mini. Speaker stereo menghasilkan suara yang jernih dan kuat, dengan dukungan untuk suara spasial Dolby Atmos yang meningkatkan pengalaman mendengarkan. Pengguna dapat menikmati audio yang kaya dan detail saat menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game, tanpa perlu menggunakan headset tambahan.

Di bidang fotografi dan videografi, iPhone 12 Mini tidak kalah canggih. Kemampuannya dalam merekam video dengan standar Dolby Vision beresolusi 10 bit HDR memberikan hasil yang profesional dan akurat. Pengguna dapat membuat video berkualitas bioskop langsung dari ponsel mereka, dengan tingkat detail yang luar biasa dan rentang dinamis yang luas. Kombinasi kamera ganda 12MP yang canggih dengan pemrosesan gambar yang kuat memastikan hasil yang tajam dan jernih, bahkan dalam kondisi cahaya yang challenging. Fitur-fitur seperti Night mode, Deep Fusion, dan Smart HDR 3 meningkatkan kemampuan kamera iPhone 12 Mini dalam menghasilkan gambar yang indah dalam berbagai situasi pencahayaan.

Terakhir, dukungan pembaruan iOS dalam jangka panjang menjamin bahwa perangkat ini akan tetap mendapatkan fitur terbaru dari Apple selama bertahun-tahun ke depan. Dengan jaminan pembaruan sistem operasi selama 6 tahun sejak tanggal perilisan, pengguna iPhone 12 Mini dapat yakin bahwa perangkat mereka akan tetap relevan dan mendapatkan fitur baru yang diperkenalkan oleh Apple di masa mendatang.

Kekurangan iPhone 12 Mini

Meskipun memiliki sejumlah keunggulan yang mencolok, iPhone 12 Mini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh calon pembeli. Salah satu kekurangan utamanya adalah absennya sensor sidik jari, yang membatasi pilihan pengguna dalam metode pembukaan kunci. Meskipun iPhone 12 Mini telah menyediakan fitur Face ID yang unggul di kelasnya, tetapi kekurangan ini membuat pengguna memiliki pilihan terbatas dalam metode pembukaan kunci yang cepat dan aman.

Kekurangan lainnya adalah ketiadaan sensor LiDAR, yang tidak hanya mempengaruhi kemampuan fotografi, tetapi juga mengurangi kemampuan perangkat dalam teknologi augmented reality (AR). Sensor LiDAR berfungsi sebagai sensor kedalaman yang bermanfaat untuk meningkatkan akurasi fokus dan efek bokeh dalam foto, serta mendukung aplikasi AR dengan menangkap detail ruang dan objek dengan lebih baik.

Selain itu, keputusan Apple untuk tidak menyertakan headset dan charger dalam paket pembelian dapat menambah biaya tambahan bagi pembeli baru. Meskipun Apple berpendapat bahwa keputusan ini diambil untuk mengurangi limbah elektronik dan mempercepat transisi ke pengisian daya nirkabel, bagi sebagian pengguna, ini mungkin dianggap sebagai ketidaknyamanan tambahan dan memerlukan pengeluaran tambahan untuk membeli aksesori tambahan.

Kesimpulan

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, iPhone 12 Mini tetap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari smartphone yang kompak dan bertenaga. Dengan kombinasi layar yang memukau, desain yang kompak, fitur kamera dan audio yang canggih, serta dukungan pembaruan sistem operasi yang berkelanjutan, iPhone 12 Mini menawarkan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna yang mengutamakan portabilitas dan performa. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, keunggulan yang ditawarkan oleh iPhone 12 Mini membuatnya layak dipertimbangkan sebagai pilihan yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam berbagai situasi.

Disclaimer - Gizmonesia.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn